Polisi: Waspadai Penipuan via BlackBerry!

Jakarta – Penipuan dengan berbagai modus yang mengatasnamakan instansi atau perusahaan-perusahaan tertentu, akhir-akhir ini kembali marak. Setelah sebelumnya penipuan dilakukan dengan cara melempar kupon undian dan SMS, kini pelaku melakukan metode baru yakni via BlackBerry.

Dalam pesan yang dikirim melalui layanan email PIN BlackBerry, si pelaku mengatasnamakan RIM BlackBerry Indonesia menyampaikan pemberitahuan bahwa pemilik PIN BlackBerry calon korban mendapatkan hadiah grand prize berupa 1 unit mobil Honda Jazz RS.

“RIM BlackBerry Indonesia Memberi Selamat Kepada Pemilik PIN BlackBerry Anda yang Beruntung Memenangkan Hadiah GRAND PRIZE: 1 Unit Mobil Honda Jazz RS. Dalam Rangka Program Undian PROMO GRAND PRIZE RIM Blackberry Indonesia 2013. No ID Pemenang : ( DT2427 ).” demikian isi pengantar dalam pesan tipu-tipu tersebut.

Untuk meyakinkan si pemilik BlackBerry bahwa ia dipilih menjadi pemenang undian, pelaku melampirkan nomor surat pengesahan dari instansi terkait seperti notaris, Polda Metro Jaya, Pemkot DKI Jakarta, Departemen Sosial RI dan Direktorat Jenderal Pajak.

Namun, dalam surat itu pula, si pelaku mencantumkan syarat dan ketentuan penerimaan hadiah. Calon korban diwajibkan untuk melampirkan fotocopy identitas untuk kepentingan pembuatan dokumen kendaraan yang akan diberikan sebagai hadiah tersebut.

“Batas klaim dan pelaporan pemenang adalah satu (1) hari sejak pesan pemberitahuan diterima. Khusus pemenang Kendaraan Roda empat (mobil), hadiah akan di antarkan langsung ke alamat pemenang setelah melengkapi prosedur dan pengurusan biaya balik nama sudah di selesaikan,” lanjut tulisan pada email penipuan tersebut.

Dan agar lebih meyakinkan korban, dalam email itu pula dicantumkan bahwa pajak undian sebesar 25 persen sudah ditanggung oleh RIM Indonesia.

Akan tetapi, pada bagian akhir surat tersebut, si pelaku mewajibkan pemenang untuk mentransfer sejumlah dana dengan alasan untuk pengurusan biaya balik nama STNK dan BPKB kendaraan dari nama perusahaan ke nama pemenang.

“Pemenang wajib menyelesaikan Biaya Jaminan Mutasi Balik Nama STNK/BPKB Kendaraan dari nama Perusahaan ke atas nama Pemenang Sebesar Rp.2.750.000,- atau anda langsung mau jemput hadianya anda di wajib kan masukan tanda jadi sebesar Rp. 1.250.000,- Agar di pastikan dan melaporkan No Validasi Daerah dari Kota Pemenang (biaya tersebut hanya berupa JAMINAN yang bersifat SEMENTARA guna kepentingan pengurusan surat kendaraan STNK/BPKB Kendaraan Anda) ke Pihak Samsat Polda Metro Jaya Jakarta.” tulisnya lagi.

Si penipu juga mencantumkan sejumlah nomor, yang seolah-olah bagian dari Humas perusahaan distributor BlackBerry yang resmi.

Terkait hal ini, Kasubdit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya AKBP Audie S Latuheru menegaskan bahwa surat elektronik yang dikirim melalui PIN BlackBerry adalah modus penipuan.

“Kita sudah mengkonfirmasikan hal ini ke RIM Indonesia, dan mereka menyatakan bahwa tidak ada undian dan tidak pernah mengirimkan pengumuman pemenang undian tersebut melalui email PIN BlackBerry,” kata Audie, Rabu (28/7/2013).

Audie mengimbau agar masyarakat mewaspadi dan berhati-hati akan modus penipuan tersebut. Ia juga mengimbau masyarakat untuk tidak terpengaruh atau tergiur dengan isi surat tersebut.

“Abaikan saja,” ucapnya.

Audie menambahkan, sejauh ini pihaknya belum menerima laporan secara resmi dari korban penipuan dengan modus tersebut.

“Kalau informasi dari orang-orang yang mendapatkan email seperti itu sudah ada, tetapi sampai saat ini belum ada laporan ke kita. Akan tetapi perlu diwaspadai saja, jangan sampai kita jadi korban,” pungkasnya.

(mei/ash)

Sumber: Detik.com